Media  

Pengasuh Taman Baca Al Qur’an Sambali Kewalahan Melayani Santri

Porostengah.com (Selayar) – Di tengah padatanya agenda peninjauan Pekerjaan Rehab Rumah Rusak *”Sedang”* akibat Gempa pertengahan Desember tahun lalu, di Kecamatan Pasi Marannu, Wakil Bupati Kep. Selayar, Saiful Arif menyempatkan diri meninjau Taman Baca Al-Qur’an Muhammadiyah di Desa Sambali, Sabtu (23-7) sore dan berdialog langsung dengan pengasuhnya Aminuddin.

Ditemani istrinya, Aminuddin yang rumahnya Rusak Berat, rata dengan tanah, menuturkan, saat ini santrinya sudah 51 orang, dengan bervariasi kemampuan baca Al Qurannya. Ada yang baru tingkatam Iqra, ada juga yang sudah lancar, bahkan ada yang sudah butuh guru tilawah dan tajwid untuk belajar melagu. Dengan jumlah santri yang relatif banyak, Aminuddin tetap berupaya melayani semua santrinya. Namun karena sendirian, maka saya butuh banyak waktu untuk bisa mengajar mereka semuanya.

Kalau mushaf Al Quran, tersedia cukup, baik Iqra maupun Qur’an besar. Namun papan dan alat tulis, kami juga butuh tambahan agar santri bisa cepat faham jika diajar sambil menunjukkannya dengan tulisan, papar Aminuddin pada Wabup, dengan Nada Curhat.

Pernah ada tenaga yang membantu saya,.namanya *Nuril*, perempuan dari Bonerate, namun hanya beberapa kali datang, kemudian berhenti tanpa diketahui sebabnya, paparnya pada Wabup yang didampingi Kadis Perkim, Findry, dan Camat Pasi Marannu, Syamsil.

Dari hasil pemantauan, hingga saat ini, TBQ *An Nisa’* yang diasuh Aminuddin belum juga memperoleh bantuan dana dari Anggaran Desa.

Menanggapi kenyataan ini, Kadis Perkim, Findri sarankan agar Aminuddin segera membuat Proposal Permohonan bantuan dana ke Provinsi, nanti kita bantu carikan jalannya, papar Findri yang diiyakan Wabup seraya mengingatkan Camat, agar membantu mengomunikasikan hal ini ke Kadis Pemberdayaan Masyarakat, agar mengarahkan Kades Sambali untuk mengalokasikan sebagian Anggaran Desa untuk menunjang kelancaran pembinaan Santri TBQ Muhammadiyah Sambali.

Sementara itu, Wabup meremcanakan Aminuddin didaftar sebagai Guru Baca Tulis Al Quran (BTQ) yang Honornya dianggarkan di Bagian Kesra. Sebagai Wakil Ketua Pimpinan Muhammadiyah (PDM) saya juga akan menggali sumber dana dari Muhammadiyah untuk membantu memperlancar pengajaran dan pembinaan Santri TBQ An – Nisa, Sambali, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *