Kearifan Lokal, Ritual Anrio Sappara Desa Menara Indah Rabu 21 September 2022

banner 468x60

Porostengah.com, Selayar – Ritual mandi shafar adalah ritual mandi yang dilaksanakan pada hari Rabu terakhir bulan Shafar setiap tahun Hijriyah, yang diawali dengan menulis tujuh ayat al-Qur`an yang berawal “Salamun”, kemudian dimasukkan ke dalam air yang akan dipergunakan untuk mandi.

Budaya mempunyai makna yang penting bagi suatu masyarakat. Budaya timbul karena manusia dan interaksi sesama manusia. Salah satu budaya yang berkembang di Indonesia adalah kegiatan pada bulan Safar. Ritual mandi shafar adalah suatu upaya (laku) spiritual ke arah pendekatan diri kepada Tuhan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat muslim di beberapa wilayah di Indonesia, di antaranya di beberapa wilayah terutama Kabupaten Kepualauan Selayar.

Di Tahun 2022 ini Salah satu Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu Desa Menara Indah ber inisiatif melaksanakan kegiatan Ritual Mandi Safar yang dilaksanakan pada hari Rabu 21 September 2022 dengan melibatkan unsur masyarakat dan akan dihadiri oleh semua Desa dan Forkopimda Kepualauan Selayar dengan anggaran Swadaya masyarakat serta dukungan dari Sanggar Seni Rehatayya asuhan Adi Beta.

Kepala Desa Menara Indah menjelaskan Insya Allah kegiatan ini akan di usahakan masuk dalam agenda kegiatan Tahunan dan di masukkan dalam anggaran Perubahan APBDES yang akan datang.

 

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *