Media  

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kepulauan Selayar, Menjadi pahlawan di era society 5.0

banner 468x60

Porostengah.com, Selayar – Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam negara indonesia dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bermula dari peristiwa 10 November 1945. Pada saat itu terjadi sebuah pertempuran antara militer Indonesia dengan tentara Inggris dan Belanda di Surabaya, pertempuran itu menewaskan setidaknya 6000 sampai 16.000 pejuang Indonesia. Karena banyaknya pejuang yang tewas hari itu, maka ditetapkanlah 10 November sebagai hari nasional yaitu Hari Pahlawan.

Dalam memperjuangkan Negara merebut kemerdekaan Indonesia, Para pejuang dan Pemuda sangat berkontribusi buat bangsa dan Negara untuk kita kenang.

Semangat pahlawan sejatinya tidak boleh luntur pada diri kita. Jiwa pengorbanan pahlawan harusnya dijadikan motivasi kita dadlam mengisi kemerdekaan. Kemerdekaan yang didapat bukan hadiah dari penjajah. Begitu banyaknya nyawa dan harta yang hilang untuk membayar sebuah kemerdekaan.

Kepahlawanan yang dapat kita jadikan suri tauladan adalah seorang Bunda Khodijah. Bagaimana seorang yang kaya raya rela memberikan hartanya untuk perjuangan suami tercinta Rasulullah SWT kala itu, bahkan tak jarang baju yang dikenakan banyak tambalan. Malu jika kita saat ini memiliki koleksi baju yang banyak dan bagus padahal kelak yang kita pergunakan untuk menghadap sang kholik hanyalah kain kafan.

Pengorbanan yang telah dilakukan bunda Khodijah pastinya bukan pengorbanan yang Cuma-Cuma. Lalu? Apa yang sudah kita korbankan untuk negeri dan agama ini? layakkah kita disebut pahlawan?

Menjadi pahlawan memang bukan perkara yang dapat dibeli dengan uang. Namun sejatinya kita harus belajar dan mengambil hikmah dari setiap cerita dan sejarah orang-orang hebat. Karena pahlawan tidak akan melupakan pengorbanan dan perjuangan pahlawan sebelumnya. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022”.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *