Dampak cuaca buruk, sembako mulai langka di Wilayah Kepulauan

banner 468x60

Porostengah.com, Selayar – Akibat cuaca buruk dalam sepekan terakhir yang melanda perairan Kepulauan Selayar, menyebabkan jalur transportasi laut ke wilayah Kepulauan Selayar lumpuh.

Diantaranya yang paling terdampak adalah warga di Pulau Jinato, Kecamatan Takabonerate. Kurang lebih Seribu jiwa yang mendiami pulau Jinato saat ini mengalami krisis pangan kebutuhan pokok. Pasalnya satu-satunya andalan pemasok sembako ke Pulau Jinato hanya melalui jalur laut, sementara selama cuaca buruk tidak ada kapal penumpang regular dan perahu nelayan yang biasa mengangkut pasokan serta perahu pedagang yang datang ke Pulau Jinato.

“Kalau dalam dua hari kedepan tidak ada perahu pengakut tiba bawa beras maka kita disini sudah susah karena sudah kehabisan, mau kemana kita beli di pulau ini”, ujar Ibrahim, warga Pulau Jinato, (28/12/2022). 

Senada dengan warga lainnya, melalui komunikasi ponsel kepada Pewarta menyampaikan bahwa mereka di Jinato ini butuh bantuan mendatangkan beras kebutuhan pokok karena sudah tidak ada lagi penjual di Pulau Jinato. Dan kalau cuaca tidak berubah maka kami disini pastikan saja akan kehabisan persediaan beras untuk makan, ujar Muddasing.

Sementara itu, dari status whatsup Kepala Desa Jinato, Andi Sulistiawati, Rabu (28/12/2022) juga menceritakan kondisi warga desanya yang saat ini sudah kehabisan beras dan kebutuhan sembako lainnya. Ia juga prihatin karena cuaca buruk membuat warga nelayan di desanya tidak bisa melaut mencari nafkah, lengkap sudah tulisnya pada status whatsup pribadi miliknya.

Warga berharap agar kondisi ini mendapat perhatian Pemerintah untuk member solusi adanya pasokan, selain itu mereka juga berharap agar cuaca bisa membaik agar pasokan kembali lancar. (ILH/NK).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *