Media  

Masmindo Awali Kuliah Umum K3 di UNANDA

Porostengah.com, Palopo – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2023, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) mulai menggelar rangkaian kegiatan kuliah umum bagi sejumlah kampus di Palopo. Mengawali inisiatif ini, Kuliah Umum K3 bagi civitas akademika Universitas Andi Djemma (UNANDA) telah berhasil diselenggarakan di Hotel Value Palopo, Sabtu 28 Januari 2023 lalu.

Kuliah dengan mengambil tema nasional Bulan K3 2023 “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja” ini berlangsung sejak pk. 09.00 hingga 12.30 WITA, dan diikuti dengan penuh semangat oleh lebih dari 100 partisipan. Peserta kuliah umum terdiri atas para mahasiswa dari 7 fakultas yang ada di UNANDA, dan turut dihadiri Rektor UNANDA Dr. Ir. H. Anas Boceng, M.Si., para wakil rektor, para dekan dan kepala program studi, sejumlah dosen pengajar, serta perwakilan Manajemen dan karyawan Masmindo.

Dalam kegiatan ini, diberikan paparan tentang sejumlah aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) oleh Manager Occupational Health & Safety (OHS) Masmindo Hary Sukrisno. Dalam paparannya ditekankan bahwa aspek K3 itu tidak hanya berlaku di lingkungan kerja saja, tapi juga berlaku dan berperan penting dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Selain materi tentang kesadaran K3, dalam acara ini juga diberikan materi tentang “Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support/BLS)” yang dibawakan oleh Paramedik Masmindo M. Musawir. Materi dan keterampilan ini sangat berguna terutama sebagai langkah awal penyelamatan korban saat kondisi darurat terjadi. Peserta juga diajak berpartisipasi untuk mempraktekkan keterampilan BLS ini secara langsung dengan menggunakan alat peraga.

Kuliah Umum juga berlangsung dengan sangat interaktif. Ini ditandai dengan cukup banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri oleh para peserta yang hadir, baik dari kalangan dosen maupun para mahasiswa. Kepada para peserta yang aktif selama kuliah umum ini juga diberikan cinderamata khas perusahaan. Selain itu, kepada semua partisipan acara juga diberikan sertifikat kehadiran yang ditandatangani Kepala Teknik Tambang (KTT) Masmindo.

Dalam sambutannya mewakili Manajemen Masmindo, Manager External Relations Yudhi Purwandi menyampaikan bahwa, “Tujuan kegiatan ini terutama adalah memperingati Bulan K3 Nasional yang biasa berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari, sesuai arahan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Republik Indonesia. Ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Masmindo dalam aspek pendidikan, dan sekaligus merupakan kesempatan yang sangat tepat bagi Masmindo untuk lebih mengkomunikasikan kondisi dan rencana kegiatan Masmindo terkini, yang terutama akan mulai melakukan proses pembangunan tambang (konstruksi) di 2023 ini”.

Kegiatan ini juga merupakan wujud kerjasama dan hubungan baik antara pihak UNANDA dan Masmindo yang telah terjalin sejak 2022 lalu. Seperti disampaikan Yudhi dalam sambutannya, “UNANDA menjadi kampus pertama yang merespon positif inisiatif kami untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Umum K3 ini”. Tambahnya, “Sebelumnya di Tahun 2022 lalu Masmindo juga telah bekerjasama dengan Kampus UNANDA untuk sejumlah kegiatan “Kuliah Tamu” dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman dengan adik-adik mahasiswa. Semoga ini bisa semakin menambah bekal wawasan dan pengetahuan rekan-rekan di Kampus UNANDA”.

Rektor UNANDA, Dr. Ir. H. Anas Boceng, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, “Kuliah Umum K3 pada pagi hari ini menambah wawasan bagi kita semua, mulai dari pimpinan kampus hingga seluruh mahasiwa, terkait pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Ini merupakan bekal yang sangat berharga bagi kita semua”. Ditambahkan, “Kami menyambut baik dan bersyukur atas inisiatif serta dukungan Masmindo untuk kegiatan kuliah umum ini. Ini juga merupakan langkah awal yang baik bagi kampus kami karena dalam tahun ini UNANDA akan segera membuka Program Studi S1 Pertambangan. Semoga kerjasama dan hubungan baik antara UNANDA dan Masmindo ini dapat terus berlangsung di masa-masa mendatang”.

Kegiatan Kuliah Umum K3 ini masih akan berlangsung dan diadakan Masmindo hingga Februari 2023 mendatang. Sejumlah koordinasi dengan pihak kampus di Palopo terus dilakukan perusahaan, dan umumnya mendapatkan tanggapan yang sangat positif. Selamat Memperingati Bulan K3 Nasional ! Mari tetap utamakan keselamatan ! (*)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *