Antisipasi Tekanan dan Dampak Inflasi, Forkopimda laksanakan survey Pasar

Porostengah.com, Selayar – Forkopimda dan Perum Bulog Kepulauan Selayar menggelar survey harga 9 bahan pokok di Pasar. Untuk kali pertama, Survey pasar sebagai langkah konkret menekan dampak inflasi yang diselenggarakan di Pasar Sentral Bonea Kelurahan Benteng utara Kecamatan Benteng (15/02/2023).

Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Inflasi pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kenaikan biaya produksi yang disebabkan meningkatnya harga bahan baku dan upah pekerja akhirnya produsen harus menaikkan harga barang. Kedua, tingginya jumlah permintaan suatu jenis barang sementara stok atau suplainya terbatas maka timbullah lonjakan harga, di Indonesia ini biasanya terjadi menjelang Idul Fitri, tahun ajaran baru dan menjelang Ramdhan. Ketiga, jumlah uang yang beredar cukup tinggi. Saat jumlah uang yang beredar meningkat daya beli masyarakat pun meningkat namun suplainya statis akhirnya harga barang pun akan mengalami peningkatan yang setara. (kemenkeu.go.id)

Dalam kegiatan survey harga pangan, diikuti oleh beberapa Forkopimda dan BUMN diantaranya, Azriani ( KCP bulog selayar ), Letkol Inf.Nanang agung wibowo ( Dandim 1415/Selayar ), Kompol Abdul Rahman (wakapolres kab.kep selayar), Irmansyah SH.MH.( Kasi pidum ), Mayor Rusli ( Danramil 01 ), Kapten Muhammad Danial ( pasi Ter Dim 1415/Selayar), Letda Inf.Ramoddin (Danunit Dim 1415/selayar), Sudirman ( staf bidang ekonomi), Andi Johra SH (Kabit pengawasan harga), Laode Daswar (Kanit satgas perda Pol PP ),Muhammad Hikmah (Kanit patwal Pol PP) dan Para babinsa dan Binmas Benteng utara.

Dalam kegiatan tersebut Yang dilakukan Meliputi Pengecekan Sebagian 9 Bahan Pokok diantaranya,

1.Beras kepala harga 1 Kg Rp.11.000

2.Minyak 1 lilter Rp.23.000.00

3.Telur 1 Rak Rp.55.000.00

4.Gula 1 Kg Rp.15.000.00

5.Terigu 1 Kg. Rp.13.000.00

6.Daging Ayam I Kg Rp.33.00

Adapun Upaya Yang Dilakukan dalam Menstabilkan harga Beras Dipasar, Bulog mengeluarkan beras 5 Kg dan 10 kg dengan harga terjangkau,

1. Beras 5 Kg sebanyak 32 Kemasan di jual dengan Harga 41.500,00,-

2. Beras 10 Kg sebanyak 120 Kemasan dijual dengan Harga Rp.83.000,00,-

 

Disaat itu juga Dandim 1415/Selayar, Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo menjelaskan, Kami dari porkopimda di bantu dari bulog mengadakan pengecekan harga yg ada di pasar sentral bonea bersama kabid ekonomi selayar dan Forkopimda lainnya, kami berkeinginan untuk selalu ingin mengecek harga harga di pasar terutama harga beras dan minyak terutama untuk mendukung inflasi yg ada di selayar, Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi menjadi agenda prioritas daerah. Ungkap Dandim 1415/Selayar

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *