Pemilu  

4 PARPOL MENGAJUKAN BACALEG, KPU KEPULAUAN SELAYAR TERBITKAN 3 TANDA TERIMA

Porostengah.com, Benteng –  Memasuki hari ke 13 masa pengajuan bakal caleg, 4 Partai Politik hari ini menyambangi Kantor KPU Kepulauan Selayar untuk mendaftarkan bakal calon legislatifnya yang akan bertarung pada Pemilihan Umum Tahun 2024.

Partai Demokrat merupakan partai yang pertama datang hari ini, Sabtu (13/5/2023) mengantarkan berkas calegnya sekitar pukul 08.00 Wita.

“Karena formulir persetujuan pengajuan bacaleg dari DPP belum dapat disampaikan, maka KPU belum dapat menerima pendaftaran bacaleg dari Partai Demokrat, yang mana kemudian berkas ini akan dilengkapi dalam masa pengajuan calon sampai tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 WITA” terang Andi Dewantara, Komisioner Divisi Teknis Penyelengara Pemilu.

Disusul oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang datang pada pukul 08.16 WITA, mengajukan 25 orang bacalegnya di 5 daerah pemilihan terdiri atas 16 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pengajuan bacaleg dari Partai PPP diantarkan oleh Ketua, Muh. Faghrul, H.S, Sekretaris Irmawati. B, LO. Abd Rifai bersama beberapa orang pengurusnya. Kedatangan rombongan Partai PPP diterima langsung oleh jajaran Komisioner KPU bersama Anggota Bawaslu Kepulauan Selayar.

Keterwakilan perempuan yang diajukan oleh Partai PPP sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, untuk dapil Kepulauan Selayar 1 sebanyak 25%, Kepulauan Selayar 2 sebanyak 33%, Kepulauan Selayar 3 sebanyak 67%, dan untuk Kepulauan Selayar 4 dan 5 masing-masing 33%.

“Seluruh dokumen dan apa yang dipersyaratkan sudah sesuai dengan peraturan KPU, maka kepada Partai Persatuan Pembangunan, pengajuan bacalegnya dapat kami terima” ungkap Andi Dewantara.

Sementara itu, Partai Golkar yang dipimpin oleh Mappatunru, S.Pd didampingi oleh sekretaris Andi Arpin, S.S bersama rombongan hadir di kantor KPU Kepulauan Selayar pada pukul 10.08 WITA dengan mengajukan bacaleg 100% di 5 Daerah Pemilihan. Untuk Partai Golkar pada Pemilu 2024 mendatang mengajukan bacaleg sebanyak 16 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.

“Berdasarkan hasil verifikasi di Silon, dimana keterwakilan perempuan untuk Partai Golkar di Dapil Kepulauan Selayar 1 sebanyak 25%, Kepulauan Selayar 2 sebanyak 50%, Kepulauan Selayar 3,4 dan 5 masing-masing 33 %, maka sesuai dengan ketentuan dalam pasal 37 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, pendaftaran bacaleg dari Partai Golkar dengan ini kami nyatakan di terima yang selanjutnya akan diterbitkan berita acara dan tanda terima” terang Andi Dewantara.

Datang pada pukul 11.05 WITA, Partai ke empat yang hadir mengantarkan syarat pencalonannya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dipimpin Ketua Muh. Ramli Ali bersama sekretaris, Muhammad Husni, S.Ag dan beberapa pengurus partainya. Kedatangan Partai Amanat Nasional diterima oleh jajaran komisioner KPU dan Bawaslu Kepulauan Selayar.

Partai Amanat Nasional pada Pemilu mendatang juga mengajukan 100% bacalegnya di 5 daerah pemilihan dimana terdapat 17 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dengan persentase keterwakilan untuk Dapil Kepulauan Selayar 1 sebanyak 25% dan untuk Dapil Kepulauan Selayar 2, 3, 4 dan 5 masing-masing sebanyak 33%.

“Karena seluruh persyaratan sudah lengkap dan benar, maka pengajuan bacaleg dari Partai Amanat Nasional dengan ini kami nyatakan diterima untuk selanjutnya akan diterbitkan berita acara dan tanda terima” jelas Andi Dewantara.

Sesuai dengan tahapan, besok adalah hari terakhir pengajuan bakal caleg ke KPU setelah dibuka sejak 2 pekan lalu.

“Khusus untuk hari terakhir, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, kami akan melayani pengajuan bakal calon sampai pukul 23.59 WITA” tutup Andi Dewantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *