Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Kepala Sekolah dan Guru

Porostengah.com, Selayar – Telah  dilaksanakan kegiatan Workshop Impelementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs. Kepulauan Selayar. Bertempat di Aula UPT SMPN Benteng No.1 kepulauan Selayar, tanggal 06 s.d 07 september 2023

Adapun yang terlibat dalam ini kurang lebih 116 orang, yang diantaranya adalah kepala sekolah dan guru. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman dan kompetensi Kepala Sekolah dan guru jenjang SMP/MTs Kepulauan Selayar tentang kurikulum merdeka, Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, Meningkatkan kompetensi guru dalam membuat modul ajar, serta Meningkatkan kompetensi guru dalam membuat modul projek penguatan profil pelajar pancasila.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta baik dari Kepala sekolah dan Guru ( dokumentasi SMPN 16 Bontonumpa)

Kegiatan workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaraga Kepulauan Selayar : Iskandar, S.Pd,SD, MPd. Dan dihadiri oleh Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan : H. Safaruddin Achmad, S.Pd., M.M., Ketua MKKS SMP/MTs. Kepulauan Selayar : Jamaluddin Efendi, S.Ag., MSi., Sekretaris MKKS SMP/MTs. Kepulauan Selayar : Muhammad Arsyad, S.Pd., M.M. serta segenap pengurus dan anggota MKKS SMP/MTs. Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya Iskandar selaku kepala Bidang GTK sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada MKKS yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan Workshop IKM. Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh semua satuan pendidikan di Kepulauan Selayar, karena saat ini semua satuan pendidikan telah melaksanakan Kurikulum Merdeka. Hal senada juga disampaikan oleh Safaruddin Achmad selaku Kordinator Pengawas bahwa mulai saat ini semua kepala sekolah dan guru harus terus belajar dan meningkatkan kompetensi khususnya pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, yang merupakan sesuatu yang baru. Utamanya bagi satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri.

Narasumber pada kegiatan ini ; Drs. H. Lukman, MMPd., (Instruktur dan Fasilitator Calon Guru Penggerak), Suburu. S., S.Pd., (Fasilitator Sekolah Penggerak), dan Komunitas Sekolah Penggerak (Nurkumala Sari, S.Pd., Andi Agus Predita, S.Kom, dan Rina Ali, S.Pd.)

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mampu memulihkan pembelajaran demi mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik, khususnya pendidikan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dan kegiatan ini tak terhenti disini, melainkan menjadi kegiatan yang berkelanjutan demi tercapainya tujuan utama workshop ini. Suksesnya kegiatan ini tak terlepas dari komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat.

Setelah kegiatan ini kami sangat berharap, kiranya rekan kepala sekolah dan guru terus belajar baik itu secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar maupun dengan memaksimalkan komunitas belajar di satuan pendidikan masing-masing sebagai tempat untuk belajar dan berbagi praktik baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *