Kenang Sejarah September berdarah, Sekolah SMP Negeri 1 Selayar gelar nobar bersama siswa

Porostengah.com, Selayar – G30S/PKI merupakan kepanjangan dari Gerakan 30 September/ Partai Komunis Indonesia. G30S/PKI merupakan sebuah peristiwa yang terjadi setelah malam tanggal 30 September sampai 1 Oktokber 1965, ketika tujuh perwira tinggi militer Indonesia dibunuh dalam suatu kudeta. Jenazah ketujuh perwira tinggi militer ditemukan di “Sumur Maut” yang terletak di kawasan Lubang Buaya, Jakarta, sekarang sumur tersebut dikenal dengan nama sumur Lubang Buaya.

Ajakan Guru Pendidik SMP Negeri 1 Benteng Selayar untuk kembali menonton film Gerakan 30 September disambut hangat oleh segenap siswa dan siswi SMP Negeri 1 Benteng tersebut. Ajakan itu, bahkan dianggap penting, sebagai pengingat atas sejarah kelam bangsa Indonesia yang pernah terjadi.

Nonton film G30S/PKI bagian dari upaya penyadaran para generasi muda bahwa peristiwa kejam itu pernah terjadi. Pihaknya mengajak siapapun untuk tidak menutup-nutupi, apalagi menghilangkannya.

Sementara itu, acara nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI turut melibatkan siswa dan siswi SMP Negeri 1 Benteng Selayar. Kegiatan nonton bareng diinisiasi untuk dapat mengambil pelajaran dari peristiwa gelap PKI kepada generasi muda baik Pelajar saat ini.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Benteng Selayar Arni Aty, S. Pd, sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena baru pertama kali diadakan disekolah. Khususnya untuk generasi anak2 di tahun milenial ini, pada dasarnya masih banyak yg belum mengetahui sama sekali apa itu GESTAPU(Gerakan September 30) atau G30S-PKI.

Dengan adanya kegiatan pemutaran film ini, semoga anak2 kita bisa membangkitkan kembali rasa Nasionalismenya, Cinta terhadap tanah air dan dengan melihat film itu, setidaknya mereka bisa tau bahwa begitu besar perjuangan2 bangsa kita dulu khususnya para pahlawan revolusi utamanya dalam menumpas gerakan G30S-PKI, krn memang gerakan tsb sangat bertentangan dengan nilai-nilai PANCASILA. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkesinambungan, artinya bisa dilaksanakan rutin tiap tahun di bulan September di sekolah kita dan bukan hanya film G30S-PKI yg menjadi film utama, bisa juga film-film yang menceritakan tentang sejarah-sejarah bangsa kita, INDONESIA. Ungkapnya

Di saat yang sama Haryanti S.Pd.,MM ( Wakasek bidang kurikulum SMPN Benteng No.1 Kep.selayar) mengungkapkan Kegiatan nonton bareng film G30S/PKI yang perdana dilakukan di SMPN benteng no.1 kepulauan selayar diharapkan menjadi media pembelajaran untuk mendekatkan siswa dengan sejarah,sekaligus menjadi sebuah pemantik patriotisme bagi semua anak anak,karena saya yakin bahwa sebagian besar dari mereka tentunya belum tahu dan belum pernah menonton film ini.

Karena sekarang zaman digital, maka kita tidak lagi bergantung pada buku – buku cetak untuk dapat menyuguhkan penjelasan kepada anak anak, media elektronikpun bisa menjadi pintu sejarah.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan nobar ini dan sejalan dengan program sekolah yang menanamkan dan menguatkan nilai nilai Pancasila sebagai suatu upaya kaum muda dan milenial agar tidak melupakan sejarah atau jas merah.karena tentunya ada edukasi yg dapat dipetik tragedi g.30s/PKI ini

Dan yang terpenting agar generasi muda semakin mencintai NKRI. DASAR NEGARA KITA TIDAK DAPAT DIGANTIKAN DENGAN DASAR APAPUN dan telah menjadi kesepakatan bersama. Ungkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *