Pilgub Sulsel, Empat Figur Perempuan Ini Masuk Bursa Cawagub

Mendekati pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2024 mendatang, sejumlah nama mulai bermunculan sebagai kandidat calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

Dari sejumlah nama itu, ada empat figur perempuan yang masuk dalam bursa bakal calon wakil gubernur (cawagub) potensial. Keempat figur itu masing-masing Indah Putri Indrayani (Bupati Luwu Utara); mantan Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi; istri mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Liestiaty F. Nurdin; dan istri mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Aliyah Mustika Ilham.

CEO ARCHI Research And Strategy Indonesia Mukhradis Hadi Jaya mengungkapkan keempat nama itu kemungkinan akan menghiasi sebagai bakal calon wagub pada Pilgub Sulsel mendatang.

“Nama-nama ini kemungkinan yang akan menghiasi bakal calon wakil gubernur yang akan dipinang oleh calon Gubernur Sulsel mendatang,” kata Mukhradis Hadi Jaya.

Menurutnya, empat figur perempuan tersebut terpotret oleh lembaga ARCHI. “Jadi nama-nama itu yang masuk dalam hasil survei kami,” ujarnya.

Diketahui, Indah Putri Indriani telah meraih beberapa penghargaan atas kinerjanya sebagai kepala daerah.

Selain itu, ia juga bersuami Muhammad Fauzi yang menjabat sebagai anggota DPR RI (2019-2024) dan Pengurus DPP Partai Golkar Luwu Utara (2019-2024).

Selama menjabat, Indah Putri Indriani aktif dalam berbagai inisiatif dan memperoleh penghargaan seperti Kabupaten Cukup Predikat HAM dari Menteri Hukum & HAM RI (2018) dan Predikat Kepatuhan Tinggi 2019 terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman (2019).

Adapun Fatmawati Rusdi merupakan istri dari Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse. Fatmawati Rusdi yang juga mantan wakil walikota Makassar yang dinyatakan lolos sebagai Anggota DPR RI.

Sebagai Wakil Bendahara DPP Partai NasDem, Fatmawati Rusdi juga memiliki modal kuat maju di Pilgub Sulsel 2024. Apalagi partainya memiliki 17 kursi DPRD Sulsel sehingga bisa mengusung penuh.

Selain daripada calon Wakil Gubernur Sulsel, Archi Research And Strategy Indonesia juga memaparkan beberapa figur Calon Gubernur Sulsel yang berpotensi bertarung pada Pilgub 2024 mendatang.

“Memungkinkan calon gubernur laki-laki dan calon wakil gubernur perempuan, karena identifikasi kami menguat jadi calon gubernur ada nama Fadil Imran, petahana Andi Sudirman Sulaiman, politisi senior dari Golkar Nurdin Halid, Walikota Makassar Danny Pomanto, mantan Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin. Dan terakhir ada nama Ketua Kadin Sulsel, Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras yang menguat dan akan diusung oleh Partai Gerindra,” jelasnya. (*)

Penulis: nur kamar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *