News  

Peserta Muhibah jalur rempah Takjub akan sumber daya alam Selayar 

Selayar, Porostengah.com – Peserta dari salah satu rombongan muhibah jalur rempah yang tiba di Kepulauan Selayar dengan menumpangi KRI Dewaruci menikmati minum air kelapa muda di lapangan Pemuda Benteng Selayar bertepatan dengan di laksanakan kegiatan Festival Budaya Maritim Kepulauan Selayar yang bertemakan ” Kelapaku budayaku lautku kehidupanku” yang digelar sejak 28 November sampai dengan 1 Desember 2023.

Dari kegiatan ini melibatkan banyak peserta baik dari anak sekolah maupun masyarakat, Kegiatan minum air kelapa ini, selain bertujuan untuk memperkenalkan budaya kelapa yang melekat pada masyarakat Selayar kepada rombongan Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Bersama KRI Dewaruci, sekaligus selain memeriahkan Hari Jadi ke-418 Selayar Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif. SH mengatakan dalam sambutannya, Fungsi kelapa sangat besar terhadap kehidupan, bagi Masyarakat Selayar, kelapa mengandung nilai-nilai budaya, dan dipercaya sakral, kelapa telah mewarnai segala aspek kehidupan masyarakat Kepulauan Selayar.

“Sejak dulu masyarakat Selayar menggantungkan hidupnya pada tanaman kelapa sebagai sumber makanan, bahan bangunan rumah, obat-obatan, mahar pernikahan, bahkan menjadi salah satu ukuran strata sosial dikalangan masyarakat,” ucap Saiful Arif.

Disaat yang sama peserta Laskar Jalur Rempah asal Kota Jayapura yang berprofesi Mahasiswa Yokbet Marauje mengatakan, Selayar ini kaya akan kelapa, karena sejak saya tiba terlihat banyak pohon kelapa sama, dalam hal ini masyarakat Selayar kelapa dapat diolah menjadi minuman dan kulit hingga batok kelapa bisa menjadi sumber pendapatan.

Tidak hanya itu, saya pribadi baru pertama kali berpijak di Selayar padahal teman kuliah di Jayapura banyak orang Selayar tetapi belum pernah ke Selayar dan intinya Selayar kaya akan sumber daya alam serta masyarakatnya ramah. Ucap nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *