News  

Membina Potensi maritim sejak dini, Siswa Min 4 Kepulauan Selayar kunjungi KRI Dewaruci

Porostengah.com, Selayar – Dalam rangka membina potensi maritim sejak dini, KRI Dewaruci yang sedang sandar di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar sejak Selasa (28/11), menerima kunjungan siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kepulauan Selayar. 30/11/2023

Anak-anak yang masih muda belia diperkenalkan langsung dengan alusista yang dimiliki TNI AL, sehingga hal ini akan menumbuhkan minat belajar mereka.

Para guru dari sekolah tersebut mengatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat Kapal Legendaris yang dimiliki TNI AL yang selama ini hanya dapat dilihat di layar televisi. Untuk kali ini para murid MIN 4 tersebut dapat secara langsung menaiki kapal legenda dan memberikan kebanggaan bagi mereka.

Beberapa pelajar saat ditanya mengatakan sangat gembira menaiki kapal KRI Dewaruci untuk pertama kalinya. Selain itu juga mereka sangat senang dapat masuk ke Monumen Jalesveva jaya mahe yang di mana bisa melihat langsung dari dalam.

Dalam kunjungan tersebut para murid diajak berkeliling keseluruh bagian KRI Dewaruci dan menerima penjelasan dari awak kapal tentang fungsi peralatan yang ada di kapal seperti, alat-alat navigasi pelayaran, perlengkapan komunikasi, serta peta laut. Pada kesempatan tersebut anak-anak mencoba kemudi kapal, teropong kapal, peluit, dan peralatan lainnya yang biasa dipergunakan dalam kegiatan pelayaran.

Kru KRI Sertu Fahmi, mengatakan, dalam dua hari ini (29 – 30/11) kunjungan masyarakat umum dan pelajar, mereka sangat antusias.

“Dari kemarin sampai hari ini cukup banyak, dan yang paling ramai hari ini, kita sampai kewalahan menangani mereka, karena jumlah kita yang ada di kapal tidak sebanyak pengunjung yang datang,” ujarnya.

Dia juga mengakui kunjungan masyarakat umum dan siswa pelajar selama di Kepulauan Selayar jauh lebih besar dibanding daerah lain yang di kunjungi.

Kunjungan masyarakat, menurut dia, karena kapal legendaris tersebut adalah armada yang memiliki historis atau sejarah dari nenek moyang sehingga kehadiran mereka dapat menanamkan kembali nilai sejarah dari KRI Dewaruci.

Guru Min 4 Kepulauan Selayar Melia.S.Pd yang mendampingi langsung, mengatakan hadirnya KRI Dewaruci di Kota Benteng Selayar memberikan dampak pengetahuan lebih bagi para siswa, karena para siswa dapat memperoleh pengetahuan sejarah tentang bagaimana sejarah KRI Dewaruci dan terkait jalur rempah dari para pemandu TNI AL.Dia juga merasa bangga Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk dalam titik singgah pelayaran Muhibah budaya jalur rempah KRI Dewaruci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *