Gandeng Dinkes Selayar, Rutan Selayar Berikan Penyuluhan PHBS Kepada Warga Binaan

Porostengah.com, Selayar – Bertempat di Aula Rutan, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Selayar menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024, Rabu (17/04).

Kegiatan ini diikuti oleh pegawai dan warga binaan Rutan Selayar. Mewakili Kepala Rutan Selayar, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Andi Fitri dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar seluruh warga binaan yang mengikuti penyuluhan ini dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, dalam materi yang disampaikan oleh Penyuluh Kesehatan Masyarakat Madya, Alamsyah menyampaikan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.

Menurut Alamsyah Rutan Selayar merupakan rumah tangga yang sangat perlu untuk berprilaku hidup bersih dan sehat karena Rutan memiliki tatanan yang saling berkaitan seperti tempat kerja, fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat umum.

Beberapa praktik PHBS yang sangat perlu dilakukan di Rutan Selayar antara lain: Mencuci tangan dengan sabun, Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, Menggunakan jamban sehat, Membuang sampah di tempat sampah, Tidak merokok, Tidak mengkonsumsi NAPZA, Tidak meludah sembarang tempat, dan memberantas jentik nyamuk.

Kepala Rutan Selayar, Ario Galih Maduseno berharap warga binaan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat agar bisa mendukung proses pembinaan yang sedang berjalan di Rutan Selayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *