Daerah  

BPOM Makassar serta Pemkab Selayar Pastikan Jajanan Takjil Di Bulan Ramadan Aman dan Layak dikonsumsi Warga

Porostengah.com, Selayar  – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Kesehatan bersama BPOM Makasar melakukan inspeksi terhadap kebersihan dan keamanan makanan Takjil yang dijual di Bazar Ramadan di Sekitar Kawasan Taman Pusaka Benteng, Selasa 26/4/2024.

Wakil Bupati Saiful Arif didampingi Kadis Kesehatan, Kadis Perindag mengatakan ketersedian pangan yang aman, sehat dan layak bagi masyarakat adalah hal penting dan menjadi tanggungjawab bersama.

“Inspeksi ini bagian dari upaya memberi rasa aman bagi warga, memastikan bahwan jajanan takjil yang dijual selama ramadan, aman dari cemaran bahan kimia berbahaya” tuturnya

Selain itu untuk lebih menjamin mutu dan kualitas dari produk makanan dan minuman yang diproduksi dan dipasarkan akan lebih baik dan mampu meningkatkan nilai gizi keluarga.

Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pedagang dan pembeli tentang pentingnya higienis dalam konsumsi makanan, khususnya dalam bulan ramadan ini, imbuh Wabup

Dalam pantauan inspeksi ini, Tim Dinkes bersama Balai Pengawasa Obat dan Makanan (BPOM) Makassar melakukan uji laboratoroum langsung dilokasi dengan memfokuskan pada pemeriksaan penggunaan bahan dan zat pewarna, zat pemanis, pengawet yang tidak sesuai standar.

Pengawas Farmasi dan Makanan, Ahli Madya BPOM Makassar Ahmad Lalo mengungkapkan, dari Sekitar 20 sampel jajanan takjil yang diperiksa menunjukkan bahwa semuanya aman untuk dikomsumsi, namun demikian pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pengawasan.

Dirinya juga menyarankan kepada para Pedagang untuk menjual makanan dan minuman yang baru saja dimasak untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri. (Humas-IC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *