Media  

Rutan Selayar Gelar Pertemuan Rutin PIPAS Sulsel, Wabup Selayar dan Penasehat PIPAS Beri Apresiasi

Porostengah.com — Pertemuan Rutin Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Se – Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh PIPAS Rutan Kelas IIB Selayar di Aula Dekranasda Kepulauan Selayar pada Sabtu, (14/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh penasehat Pipas Sulawesi Selatan, Dame Liberti Sitinjak, Wakil Ketua Pipas Sulsel, beserta para pengurus Pipas di tiap UPT Lapas dan Rutan Kabupaten/ Kota se-Sulawesi Selatan.

Rutan Kelas 2B Selayar pertama kalinya menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan rutin tersebut dan kali ini mengusung tema “Dengan Semangat PIPAS Kita tingkatkan Silaturahmi, menjadikan Bersatu, Bersaudara dan Maju”.

Acara dibuka dengan mempersembahkan tari Karannuang oleh Penari Pipas Selayar sebagai wujud penghormatan kepada 205 tamu dan pengurus Pipas Se – Sulawesi Selatan. Kemudian dilanjutkan menyanyikan Lagu Hymne dan Mars PIPAS.

Pipas Selayar Persembahan Tari Karannuang. 

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saeful Arif, SH bersama Kepala Rutan Selayar, Nana Herdiana juga turut hadir Pertemuan itu. Dalam. Sambutan Wagub Saiful Arif lebih awal memperkenalkan kabupaten Kepulauan Selayar lewat sejarah lahirnya Selayar yang akan diperingati pada 29 November 2023 mendatang.

Wabup Selayar menjelaskan bahwa sejarah lahirnya Selayar sangat erat kaitannya dengan sejarah awal masuknya Agama Islam dan perjuangan membebaskan rakyat Selayar dari belenggu penjajah serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH.

Pada kesempatan itu, Wabup Saiful Arif juga memberikan pencerahan ajaran Agama Islam dan menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dari awal kelahirannya yang penuh dengan cobaan penderitaan hingga diangkatnya menjadi Nabi.

Selain ini H. Saiful Arif juga mengapresiasi kegiatan pertemuan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Sulsel yang merupakan wadah silaturahmi untuk menjalin persaudaraan yang penuh dengan kekeluargaan.

“Empat hal yang perlu dibangun untuk menjaga silaturahmi diantara kita yaitu sifat Shiddiq berarti benar, Tabligh artinya transparan, Amanah artinya jujur dan Fatanah artinya cerdas,” jelas H. Saiful Arif.

Usai ceramah dilanjutkan dengan arahan dari Penasehat PIPAS Sulawesi Selatan yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan Pertemuan Rutin PIPAS di Selayar. “Semoga pertemuan rutin PIPAS ini menjadikan silaturahmi tetap terjaga,” Ucap Dame Yosefina.

Pada kesempatan tersebut, Penasehat pipas juga menggelar sharing mengenai penggunaan anggaran-anggaran yang dikelola PIPAS. Kegiatan Pertemuan Rutin PIPAS tutup dengan pengundian doorprize.

Penasehat Pipas Sulsel, dan Wakil Ketua Pipas Sulsel berikan cinderamata kepada Ketua PIPAS Selayar.

Namun sebelumnya, sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan, ketua PIPAS Selayar Nyonya Nana Herdiana mengucapkan selamat datang di Selayar kepada seluruh anggota PIPAS yang hadir dan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Rutan Selayar untuk menyelenggarakan kegiatan rutin ini.

Kegiatan ini juga turut dihadiri para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yakni Kepala Lapas, LPKA, Rutan, Bapas dan Rupbasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *