Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa siswi SDN 44 Rampoang Tampilkan Kreativitas Kuliner Tradisional

Porostengah.com, Palopo – Gelar Karya dalam program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sukses digelar SDN 44 Rampoang, Kota Palopo. Sebanyak Puluhan produk kuliner tradisonal hasil kreativitas siswa ditonjolkan menjadi bagian implementasi kurikulum merdeka.

Bertempat di halaman sekolah, berdiri stan berjejer mengelilingi lapangan. Masing masing stand menyajikan beragam kuliner asli lokal tradisonal palopo. Baik berupa makanan maupun minuman.

Salah satu makanan tradisional yang hampir punah yaitu kue kasida berbahan dasar terigu. Sebelum memamerkan sajian kuliner tradsional para siswa mengolah bersama guru dan orang tua.

Memperkuat implementasi kurikulum merdeka kepada siswa , SDN 44 Rampoang kota palopo menggelar kegiatan MAPPATALA, para siswa di perkenalkan kearifan lokal dan mengenal makanan tradisional.

Kepala sekolah SDN 44 Rampoang Ahmad Dais menjelaskan bahwa kegiatan ini kolaborasi siswa orang tua beserta guru.

“Kegiatan ini adalah bagaimana siswa, orang tua siswa dan ibu guru di sekolah dapat berkolaborasi, menikmati hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mana mengangkat kearifan lokal, makanan tradisonal daerahku,” Kata Ahmad Dais Jum’at 13 Oktober 2023.

Nampak orang tua siswa sangat antusias mendukung kegiatan tersebut Amran salah seorang wali murid merasa bangga dan bahagia dengan kegiatan ini dimanah para murid tidak hanya diajarkan secara teori namun siswa langsung mempraktekkan nya.

“alhamdulillah, kami selalu orang tua siswa sangat bersyukur dengan adanya program ini, dan kami yakin insya allah mudah mudahan dengan program P5 ini dapat mengajak anak anak kita untuk lebih aktif, yang selama ini mungkin anak anak kita berfikir bagaimana mengatur yang sifatnya istan, namun dengan adanya program ini anak anak lebih aktifaktif dalam kegiatan kegiatan yang di lakukan oleh guru, terimah kasi kepada semua jajaran guru SD 44 Rampoang sebab telah melatih anak anak kami menjadi pro aktif,” tutur Amran

Seluruh stock holder SDN 44 Rampoang palopo berharap dengan kegiatan tersebut peserta didik lebih berkarakter sehat, sebab tujuan p 5 yaitu menumbuhkan karakter siswa didik yang berakhlak mulia, berbhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

“Harapannya semoga siswa bisa lebih berkarakter karena tujuan P-5 ini adalah menumbuhkan karakter peserta didik yang mana di dalam P-5 itu produk atau hasil tidak menjadi hal yang utama namun proses didalam melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila itu penting,” Tutup Ahmad Dais Kepala Sekolah SDN 44 Rampoang.

Dalam membuat olahan kuliner para siswa melakukan survei terlebih dahulu. Yaitu dengan menggali informasi di masyarakat sekitar secara langsung. Kemudian data kuliner yang terdapat di masyarakat dibuat dan ditampilkan dalam gelar karya. (Irsal)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *