Partisipasi masyarakat Kedai Kopi Mekar

Hari Santri 2023, Kakanmenag Selayar Maknai Hari Santri mengingat kembali berbagai perjuangan dan prestasi para santri

Porostengah.com, Selayar – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Syaiful Arif.SH menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih, di Taman Pelangi Benteng Selayar, Minggu, 22 Oktober 2023.

Upacara peringatan Hari Santri 2023 dihadiri oleh Forkopimda, BUMN dan jajaran Kantor Kementerian Agama kabupaten Kepulauan Selayar dan sekolah naungan kementerian Agama yang ada di Kepulauan Selayar.

Bawaslu Selayar

Wakil Bupati menyampaikan sambutan dan amanat seragam Menteri Agama Republik Indonesia “Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri ini dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengusung tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’,” ujar wakil Bupati saat membacakan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Tema ini, lanjutnya, memiliki maksud mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual, karena para santri adalah pahlawan pendidikan dan pejuang kebodohan, terutama di era transformasi digital saat ini.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar menambahkan, peringatan hari Santri bukanlah milik santri semata, hari Santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. Tambahnya

Disaat yang sama Kakanmenag Selayar Dr. H. Nur Aswar Badulu. S,Ag. M, Si dihadapan awak media mengatakan, memaknai peringatan Hari Santri Nasional tahun ini dengan mengingat kembali berbagai perjuangan dan prestasi para santri untuk Indonesia. Pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatan lil alamin. Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multicultural. Untuk peringatan tahun ini, tema Hari Santri Nasional 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Ada makna penting di balik tema tersebut. tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri 2023 akan dirayakan secara semangat dan kegiatan ini juga didedikasikan untuk para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

Tema ini juga mengartikan bahwa pada zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas ini, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat. Ucapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!